pemerintah daerah kabupaten bengkalis
Home    

USP BUMDes Gelar Gebyar Bagi-bagi Hadiah, SHU 2018 Sebesar Rp83,6 Juta
Selasa, 26 Februari 2019 - 16:56:33 WIB

USP BUMDes Gelar Gebyar Bagi-bagi Hadiah, SHU 2018 Sebesar Rp83,6 Juta

BENGKALIS-Unit Usaha Simpan Pinjam (USP) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Setia Pati Desa Kelapapati, Selasa (26/2/2019) menggelar gebyar bagi-bagi hadiah. Ini merupakan format baru dalam Musyawarah Pertanggungjawaban (MDPT). USP tersebut sebelumnya bernama UED-SP dan merupakan salah satu unit usaha BUMDes.

Gebyar bagi-bagi hadiah berlangsung di halaman kantor BPD dan dihadiri Camat Bengkalis Ade Swirman, Advisor Pendamping Desa Bidang Ekonomi Marvin Samudra, Korcam Bengkalis Bery Pratama S.IP dan undangan lainnya.

Dihadapan pemanfaat, Ketua USP M. Afan Agustian S.Kom menjelaskan, sisa hasil usaha atau SHU pada unit USP tahun 2018 sebesar Rp83,6 juta lebih. "Dari SHU sebesar Rp83,6 Juta dibagi beberapa item, di antaranya Rp8,3 juta untuk cadangan modal, Rp10,8 juta dibagikan untuk pengelola, door prize dan biaya MDPT. Untuk dana sosial sebesar Rp8,3 juta, simpanan pokok Rp16,7 juta dan inventaris Rp5juta," urai Afan.

Dikatakan, dana sosial disumbangkan untuk warga yang mengalami musibah kebakaran sebesar Rp500.000 dan untuk kegiatan MTQ sebesar Rp3 juta serta sisanya untuk membeli sembako.

Afan juga mengatakan, dirinya mewakili pengelola USP bertekad memperbaiki kekurangan dan berusaha ke arah yang lebih baik serta mengajak pemanfaat agar bisa membayar angsuran pinjaman dan tidak marah jika dikunjungi petugas.

"Mewakili pengurus semoga bisa kami perbaiki dan akan lebih baik lagi untuk masa akan datang dan kepada mereka yang menunggak agar bisa membayar angsurannya. Seandainya dari petugas kami ada mengunjungi rumah bapak ibu, jangan marah. Karena kami hanya menjalankan tugas," tukasnya.

Kades Kelapapati Dasril S.Sos mengucapkan terimakasih kepada pengelola serta menjelaskan kenapa dalam beberapa bulan terakhir tidak dapat melakukan pencairan dana USP.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pengelola USP atas terselenggaranya gebyar bagi hasil ini. Dalam beberapa bulan ini tidak ada pencairan dana USP, alasannya pertama karena sedang dalam proses inventarisasi aset, kedua masa jabatan Kades telah berakhir dan pengunduran Direktur BUMDes," kata Dasril.

Sementara Camat Bengkalis Ade Swirman mengajak agar tidak sekedar gebyar bagi-bagi hadiah melainkan momen membangkitkan semangat menjadi BUMDes percontohan. "Mari sama-sama bangkitkan semangat kita tidak sekedar gebyar bagi hadiah tapi mari kita bangkitkan dan jadi percontohan," katanya. (*)





Penulis: M Rafii
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.bengkaliskab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS 2013