Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Benarkah Minum Air Hangat Bisa Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Rabu, 15 Mei 2019

Ilustrasi. (Foto: Grid.id)

PEKANBARU-Beragam cara dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan, agar bentuk tubuh mereka menjadi lebih ideal. Beberapa di antaranya melakukan olahraga dan juga diet yang seimbang.

Di samping kedua hal itu juga sempat beredar kabar bahwa mengonsumsi air hangat mampu mempercepat menurunkan berat badan. Asumsi ini dengan dasar bahwa air hangat mampu mempercepat metabolisme tubuh sehingga lebih membantu dalam membakar lemak dan kalori. Tapi, apakah alasan itu benar secara kesehatan?

"Lambung kita itu cerdas dalam mengolah air dan makanan, terutama dalam menyesuaikan suhu," kata Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Diana melanjutkan, lambung akan mampu menetralkan suhu air yang masuk, baik itu air dingin atau hangat. Karena itu, setelah minum air hangat umumnya terjadi peningkatan pergerakan usus. "Sementara jika air dingin lambung menetralkan dengan cara lain. Itu justru bisa keram," kata dia.

Namun, menurut Diana, keduanya tidak memengaruhi metabolisme dalam tubuh. Untuk mempengaruhi metabolisme tubuh, dibutuhkan enzim, vitamin dan mineral. "Jadi mau minum air hangat atau dingin boleh-boleh saja, asal jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin," kata dia.

Selain itu penting juga diingat bahwa dalam memilih air minum untuk memenuhi hidrasi sehat, mengonsumsi air mineral biasa saja sudah cukup bermanfaat untuk mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh. (*)





 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Viva.co.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus