Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

BMKG Pagi Ini Pantau 17 Hotspot di Riau, Kualitas Udara Pekanbaru Masih Baik

Selasa, 03 September 2019

Kondisi Kota Pekanbaru ditutup kabut asap. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Selasa pagi tadi memantau 17 titik panas atau hotspot di wilayah Riau. Jumlah hotspot hari ini lebih sedikit dibanding hari sebelumnya dengan jumlah 150 titik.

Hotspot terbanyak terpantau di Kabupaten Rokan Hilir dengan 9 titik, Pelalawan ada empat titik, Indragiri Hilir sebanyak dua titik, Indragiri Hulu dan Bengkalis masing-masing satu titik.

Sedangkan di daerah lain di Sumatera masih terpantau hotspot, seperti di Jambi ada 21 titik, Sumatera Selatan sebanyak enam titik, Lampung dan Sumatera Utara masing-masing dua titik dan Bangka Belitung bersama Aceh masing-masing satu titik.

Untuk kondisi cuaca di Riau terpantau dalam kondisi cerah berawan hingga siang harinya. Namun siang harinya ada potensi hujan ringan yang tidak merata di sebagian Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Meranti, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rohil, Kabupaten Rohul dan sebagian Kabupaten Siak.

Sore hingga malam hari, cuaca Berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang yang disertai petir/angin kencang terjadi di hampir sebagian besar Provinsi Riau.

Selanjutnya pada dini harinya Cerah Berawan, potensi hujan ringan yang tidak merata di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Kabupaten Rohul, Kabupaten Rohil, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kunsing, Kabupaten Kampar dan sebagian Kabupaten Bengkalis.

Suhu udara sendiri pada kisaran 23.0 hingga 33.0 °C dengan kelembapan udara pada 50 – 98 persen sedangkan arah angin berhembus dari Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 10 - 20 km/jam.

Udara Pekanbaru Baik
Sementara itu, kabut asap kembali menyelimuti Pekanbaru, Senin (2/9/2019). Padahal, kabut asap sempat menghilang pada akhir pekan kemarin. Namun kabut asap belum berdampak pada kualitas udara di kota.

Saat ini kualitas udara di Pekanbaru sesuai data dari Labor Udara Pekanbaru masuk dalam kategori Baik. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Pekanbaru yang tercatat hingga Senin ada di angka 47.

Kondisi ini membaik setelah selama beberapa pekan kualitas udara kota masuk kategori sedang. "Kualitas udara masuk kategori baik. Kondisi ini terpantau sejak Minggu sore kemarin," ujar Kepala Labor Udara Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Syahrial, Senin kemarin.

Pihaknya terus memantau kualitas udara kota lewat tiga stasiun. Mereka menyajikan data ini lewat dua papan sajian yakni di Jalan Sudirman dan Jalan Tuanku Tambusai.

ISPU ini adalah angka yang menunjukkan kualitas udara di lokasi dan waktu tertentu. Ia mengaku mencatat secara realtime selama 24 jam. "Data yang digunakan nanti bisa disampaikan, agar nanti ada satu persepsi untuk ambil kebijakan," ulasnya.

ISPU ini tercatat selama 24 jam. Data ini bisa jadi sumber peringatan dini dalam kondisi bencana kabut asap. Ada lima variabel yang tercatat dalam ISPU yakni SO2 CO, O3, NO2 dan PM 10. Saat kabut asap variabel yang jadi perhatian adalah PM 10. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Selasa, 12 November 2019 - 07:31:56 WIB
      Senin, 11 November 2019 - 17:13:35 WIB
      Senin, 11 November 2019 - 17:12:42 WIB
      Senin, 11 November 2019 - 14:13:59 WIB
      Minggu, 10 November 2019 - 14:26:13 WIB


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus