Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Cobalah Rutin Minum Rebusan Kunyit Pagi Hari, Rasakan 10 Manfaat Berikut

Minggu, 10 Mei 2020

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Kunyit menjadi salah satu rempah yang telah lama dikenal memiliki manfaat kesehatan. Kunyit kerap diramu menjadi minuman tradisional atau jamu yang tak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Bahkan tak perlu susah-susah meramu kunyit menjadi jamu, hanya merebusnya selama beberapa menit saja maanfaatnya bisa segera dirasakan. Seperti seorang pria yang mencoba merebus satu buah kunyit dengan 2 gelas air putih.

Kunyit tersebut dicuci bersih dan dipotong kemudian direbus sampai mengeluarkan warna kuningnya hingga air yang direbus menyusut hingga jadi hanya 1 gelas. Segelas air rebusan kunyit itu diminumnya secara rutin saat perut masih kosong di pagi hari begitu ia bangun tidur.

Sifat anti-oksidan, anti-inflamasi serta anti-bakteri dari kunyit ternyata bekerja sangat baik ketika perut kosong di pagi hari. Bahkan ada 10 manfaat yang akan didapat tubuh jika rutin minum air rebusan kunyit di pagi hari, antara lain:

1. Kandungan lipopoliskarida dalam kunyit akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menurunkan risiko Moms terkena flu dan infeksi lainnya.

2. Kunyit yang memiliki anti-bakteri akan membantu dalam proses penyembuhan khususnya pada luka dan goresan.

3. Nyeri otot dan sendi mungkin terjadi sehabis berolahagra. Kunyit dapat menghentikan peradangan tersebut.

4. Berbagai studi menunjukkan kunyit dapat menurunkan risiko kanker dan mencegah tumor yang diakibatkan paparan radiasi.

5. Kadar kolesterol dalam darah juga bisa diturunkan sehingga turut menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

6. Kandungan kunyit bisa juga membantu proses gula yang masuk ke dalam tubuh sehingga mencegah lonjakan gula darah tinggi.

7. Kunyit juga mampu meningkatkan aliran empedu yang membantu tubuh mencerna makanan dengan baik. Selain itu, dapat membantu memecah lemak dari makanan yang dikonsumsi.

8. Fungsi hati juga meningkat dengan bantuan kunyit sehingga dapat mengurangi racun dari lingkungan dan makanan.

9. Sifat anti-inflamasi dalam kunyit akan melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan gangguan otak lainnya.

10. Jangan takut jadi pelupa karena usia sebab kunyit dapat meningkatkan daya ingat sehingga membuat Moms lebih pintar!

Moms bisa rutin mengonsumsi segelas air rebusan kunyit setiap pagi sebelum sarapan. Untuk menambah khasiat dan cita rasa, bisa juga dicampur dengan madu. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus