Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Dianggap Menyerobot Wilayah Kerja, Ratusan Anggota FSPTI-KSPTI Inhu Demo ke Kantor Disnaker

Rabu, 20 November 2019

Massa menyampaikan orasi dan tuntutannya. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Sekitar 250 anggota Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPTI-KSPSI) Kabupaten Inhu, Riau menggelar aksi demonstrasi ke Kantor Dinas Tenaga Kerja.

Demo dilakukan menuntut Disnaker Inhu tidak melakukan pencacatan serikat pekerja baru di wilayah kerja serikat lama. Namun karena tidak ada keputusan dari Disnaker, FSPTI-KSPSI berencana menurunkan ribuan buruh untuk aksi yang lebih besar. 

"Tinggal menunggu instruksi kepada seluruh PUK di Kabupaten Inhu," ujar Ketua DPC FSPTI-KSPTI Inhu Riau, Mukhson BBA kepada FokusRiau.Com, Rabu (20/11/2019).

Menurutnya, keberadaan serikat pekerja Gumanti yang baru meminta pencatatan ke Disnaker Inhu dianggap menyerobot wilayah serikat pekerja FSPTI-KSPSI Inhu. "Kami tidak melarang serikat pekerja baru berdiri, tapi Disnaker harus cermat dalam mengeluarkan pencatatan. Kalau sudah ada di desa serikat pekerja, jangan dikeluarkan lagi," ujarnya.

Bila dilakukan pencatatan lagi tentu akan menimbulkan konflik, seperti serikat perkaja Gumanti yang menyorobot wilayah kerja di Semelinang Darat yang selama ini menjadi wilayah kerja SPTI.

Apalagi, serikat pekerja Gumanti, Kecamatan Pranap pencatatannya dilakukan di Gumanti, tapi bekerja di Semelinang Darat yang merupakan wilayah kerja SPTI-KSPTI.

"Apabila Disnaker Inhu tidak merespon tuntutan DPC FSPTI-KSPTI Inhu, akan turun massa besar besaran ke Kantor Disnaker Inhu. Kalau tidak ada penyelesaian, kami akan mengusir serikat pekerja Gumanti di Semelinang Darat," katanya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Inhu, Endang Mulyawan kala dihubungi tak mau berkomentar. Dia hanya mengatakan no comment. (*)



Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus