Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Guyuran Hujan Pagi Tadi Tak Mampu Hilangkan Kabut Asap di Pekanbaru

Senin, 12 Agustus 2019

Asap masih menyelimuti Pekanbaru. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Meski hujan dengan intensitas sedang, Senin pagi tadi mengguyur Kota Pekanbaru. Namun belum mampu menghilangkan kabut asap pekat yang menyelimuti Kota Pekanbaru sejak beberapa pekan terakhir.

Saat ini, kabut asap masih tampak cukup pekat dan membuat sesak nafas masyarakat. Sejumlah pengendara sepeda motor masih tampak mengenakan masker. Bahkan, sejumlah persolnil Ditlantas Polda Riau tampak sibuk membagikan masker ke pengendara.

"Terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tidak merata di Pekanbaru. Sementara daerah lain juga berpotensi hujan, seperti Bengkalis, Kampar, Siak Rokan Hulu, Dumai dan Pelalawan," kata Analis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yasir kepada wartawan di Pekanbaru.

Berdasarkan citra Satelit Terra dan Aqua, pukul 06.00 WIB hari ini terdeteksi lonjakan titik panas dengan jumlah 156 titik di Riau. Titik panas yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen itu melanda 11 dari total 12 kabupaten dan kota di Riau. "Titik panas terbanyak masih terdeteksi di Kabupaten Pelalawan yang mencapai 40 titik," ujarnya.

Selanjutnya di Rokan Hilir ada 24 titik, Indragiri Hilir 21 titik, Siak 29 titik, Indragiri Hulu 15 titik, Rokan Hulu 3 titik, Kampar 6 titik, Bengkalis 7 titik, Kuansing 2 titik, Dumai 2 titik, dan Kepulauan Meranti 7 titik. Pekanbaru menjadi satu-satunya wilayah Riau yang terbebas dari titik panas, namun imbas kabut asap lebih besar kiriman dari daerah tetangga.

Sementara itu, BMKG menyatakan dari 156 titik panas tersebut, 116 di antaranya dipastikan sebagai titik api atau indikasi kuat terjadinya Karhutla dengan tingkat kepercayaan 70 hingga 100 persen.

Pelalawan terdeteksi 28 titik api, Rokan Hilir 15 titik, Kampar 6 titik, Rokan Hulu 1 titik, Meranti 7 titik, Bengkalis 6 titik, Kuansing 1 titik, Siak 22 titik, Indragiri Hulu 11 titik, dan Indragiri Hilir 19 titik.

Kebakaran itu juga menyebabkan kualitas udara di Kota Pekanbaru masih dalam tahap memprihatinkan dengan jarak pandang hanya berkisar 2 kilometer. Sementara itu, Kasubdit Gakum Polda Riau AKBP E Wimpiyanto mengatakan, personelnya membagikan ribuan masker ke pengendara di Pekanbaru.

"Ada 3.000 masker kita bagikan di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru ke pengendara. Ada 3 arah penegndara yang kita bagikan, arah dari Bandara SSK, arah dari jembatan Siak 4 dan arah dari jalan Gajahmada," kata Wimpi. (*)



Penulis: Febridianto
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Merdeka.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus