Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Hindari Sahur dengan Makanan Ini Supaya Tidak Lemas Saat Berpuasa

Selasa, 14 Mei 2019

Hindari sahur dengan mie instan tanpa ada campuran. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Berpuasa normalnya memang membuat tubuh merasa cepat lemas dan mengantuk. Tetapi dua hal itu tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan atau tidur seharian penuh, saat bulan puasa. 

Meskipun tidurnya orang berpuasa mendapatkan pahala, tetapi kalau berlebihan tentu juga tidak baik. Banyak hal yang membuat agar tubuh tidak mengalami rasa lemas yang berlebihan atau mengantuk berlebihan ketika berpuasa. Dan hal tersebut seringkali dipengaruhi oleh kebiasaan yang dilakukan ketika berbuka hingga sahur. 

Nah Sobat Sehat, sahur ternyata memiliki peranan penting bagi orang yang berpuasa, dan berpengaruh pada aktifitas seharian yang dilakukan.

Meskipun terkadang sahur merupakan kegiatan yang agak kurang menyenangkan karena mungkin masih mengantuk, hingga kesiangan. Tetapi bukan tanpa alasan bahwa orang yang berpuasa harus menjalani sarapan yang dimajukan ini. Selain mendapatkan barokah, sahur yang baik akan mempengaruhi tenaga seseorang yang berpuasa. 

Ternyata ada makanan-makanan tertentu yang harus dihindari ketika sahur agar tidak menyebabkan lemas ketika berpuasa siang harinya. Bahan makanan yang dimaksud adalah mie instan. 

Sebenarnya bahan makanan ini merupakan favorit banyak orang, karena sangat praktis dan rasanya juga cukup nikmat. Tetapi masalahnya, makan mie instan ketika sahur akan berdampak pada tubuh yang cepat merasa lemas ketika siang harinya. 

Hal ini disebabkan karena mie instan terbuat dari tepung yang mudah dicerna. Sehingga akan cepat merasa lapar. Selain itu bahan pengawet yang ada dalam bumbu-bumbunya juga akan berakibat kurang baik.

Selain itu, mie instan merupakan bahan yang diawetkan yang tentu memiliki nutrisi rendah, dan juga rendah akan kandungan seratnya. Makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan lebih direkomendasikan sebagai menu ketika sahur karena bahan makanan yang mengandung serat akan bertahan lebih lama di dalam perut. 

Solusinya, jika benar-benar waktu sahur sudah mepet dan tidak sempat mengolah bahan makanan yang membutuhkan waktu lama, mie instan bisa dicampur dengan bahan-bahan lain yang mengandung serat seperti sayuran. Hal itu lebih baik daripada hanya menyantap olahan mie instan saja tanpa ada campuran dengan bahan makanan yang lain. (*)






 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Viva.co.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus