Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pelalawan

Hotspot di Pelalawan Meningkat Drastis, Jarak Pandang Hanya 2 Kilometer

Kamis, 22 Agustus 2019

Kabut asap masih menyelimuti sejumlah wilayah di Riau. (Foto:Antara)

PELALAWAN-Hari ini, jumlah titik panas di Kabupaten Pelalawan, Riau mengalami peningkatan signifikan. Satelit BMKG memantau hotspot di Kabupaten Pelalawan Riau hari ini sebanyak 32 titk.

Sebelumnya, titik panas yang terpantau hanya 23 titik saja. Pelalawan merupakan daerah kedua terbanyak di Riau, setelah Indragiri Hilir dengan 37 titik. Dari 32 titik panas yang terpantau di pelalawan, yang memiliki level confidence di atas 70 persen sebanyak 19 titik dan menyebar di beberapa lokasi Karhutla.

Akibatnya meningkatnya titik panas tersebut, jarak pandang di Pelalawan juga kembali berkurang dari sebelumnya.

"Untuk jarak pandang hari ini mencapai 2000 meter karena tertutup asap. Kabut asap merupakan campuran dari Karhutla di wilayah kita serta kiriman dari daerah lain," ungkap Kepala BPBD Pelalawan Hadi Penandio, Kamis (22/8/2019).

Adapun penyebaran titik api di Pelalawan yakni Kecamatan Bunut 5 titik, Kecamatan Kuala Kampar 3 titik, Kecamatan Langgam 2 titik, dan Kecamatan Pangkalan Kuras 9 titik.

Operasi pemadaman dan pendinginan masih terus dilakukan oleh tim gabungan di beberapa lokasi Karhutla. Di antaranya di Desa Tambak Kecamatan Langgam tim rayon kecamatan dan perusahaan masih berjibaku dengan api.

Untuk Desa Merbau, Kecamatan Bunut, sekarang sedang dalam proses pendinginan. Sedangkan di Kecamatan Teluk Meranti petugas juga melakukan lokalisir api mengunakan alat berat sekaligus pemadaman dan pendinginan.

Demikian juga di areal Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui. "Untuk Jalan Lingkar dan Jalan Lintas Timur tim akan difokuskan memadamkan yang terdekat terlebih dahulu, kemudian ke dalam lokasi yang jauh," tukasnya.

Selain tim operasi darat yang berperang dengan api Karhutla, tim satgas udara juga turut membantu pemadaman di Pelalawan. Ada tiga helikopter yang dikirim tim satgas udara untuk melakukan Water Bombing (WB) di lokasi Karhutla di Pelalawan.

Satu helikopter diarahkan ke Desa Tambak Kecamatan Langgam, satu helikopter dikirim ke Teluk Meranti dan satu lagi digiring ke Desa Lubuk Kembang Bunga, Ukui. (*)


 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Selasa, 12 November 2019 - 07:57:10 WIB
      Selasa, 12 November 2019 - 07:31:56 WIB
      Senin, 11 November 2019 - 17:13:35 WIB
      Senin, 11 November 2019 - 17:12:42 WIB
      Senin, 11 November 2019 - 14:13:59 WIB


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus