Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Inilah Alasan Kenapa FA Jatuhkan Sanksi ke Suarez

Sabtu, 27 April 2013


INGGRIS-Asosiasi sepak bola Inggris, FA menjatuhkan sanksi kepada striker Liverpool, Luiz Suarez dengan larangan 10 kali pertandingan. Sempat menjadi tanda tanya atas keputusan itu, akhirnya FA menjelaskan dasar pemberian hukuman Suarez yang telah menggigit bek Chelsea Branislav Ivanovic.

Intinya, aksi Suarez tersebut tidak ada hubungannya dengan permainan sepak bola. Selain itu, FA juga menganggap sang pemain Uruguay terlalu meremehkan perbuatannya. Dalam laporan setebal 21 halaman, FA menegaskan, insiden-insiden lain yang terjadi belakangan seperti pelanggaran keras Ben Thatcher dan tekel tinggi Callum McManaman terhadap Massadio Haidara, tidak bisa dijadikan bahan perbandingan.

Pasalnya, kedua pelanggaran itu dipicu perebutan bola dan merupakan bagian dalam sepak bola. Dilansis Sky Sports, laporan FA menjabarkan "Dalam sepak bola, kontak fisik dua pemain yang memperebutkan bola adalah bagian dari permainan walaupun beberapa sangat disesalkan karena menyebabkan timbulnya cedera parah."

FA kemudian menjadikan kasus pemain Brighton Ashley Barnes yang dijatuhi hukuman enam pertandingan akibat mengasari wasit Maret lalu, sebagai salah satu dasar untuk mengambil keputusan.

Dalam laporan tersebut tertulis: "Kami menyimpulkan pelanggaran ini lebih serius daripada yang dilakukan Ashley Barnes sehingga hukumannya pun harus lebih berat."

Menurut FA, tidak ada pemain yang turun ke lapangan sambil sebelumnya membayangkan bahwa mereka akan mendapat gigitan dari lawan. "Mr Ivanovic tidak seharusnya menjadi subjek dari tindakan mengejutkan dan tercela ini."

Jika ditelusuri lebih jauh, sepertinya respons awal Suarez dan kubu The Reds, yang mengindikasikan hukuman tiga pertandingan sudah cukup untuk kasus ini, membuat FA meyakini bahwa pemain yang bersangkutan terlalu memandang remeh perbuatannya. Dalam salah satu poinnya, FA menuturkan: "Di mata kami, Mr Suarez tidak sepenuhnya menyadari betapa berat dan seriusnya insiden yang sudah dia ciptakan."

Menerima putusan FA

Sementara itu, Suarez telah memutuskan untuk tidak banding atas hukuman larangan turun 10 pertandingan yang dijatuhkan FA. "Saya mengakui, tindakan saya bisa diterima di sepak bola dan saya tidak ingin memberi kesan yang keliru kepada publik dengan mengajukan banding atas sanksi FA," kata Suarez melalui Twitter dan Facebook.

FA tadinya memberi waktu hingga Jumat siang (26/4) waktu Inggris kepada Suarez untuk mengajukan keberatan atas hukuman ini. FA mengatakan, karena Suarez menyatakan menerima, sanksi ini akan segera berlaku. Artinya, pemain Uruguay ini akan absen di empat pertandingan Liverpool akhir musim ini dan enam pertandingan pertama Liverpool untuk musim 2013-2014. (sky/bla)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus