Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Ironis Wabah Covid-19: Saat PNS Pemprov Riau Nikmati THR, 2.943 Pekerja Dirumahkan

Jumat, 15 Mei 2020

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau akhirnya membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Riau, Jumat (15/5/2020). Pembayaran THR sesuai arahan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian keuangan.

Namun untuk tahun ini, pejabat eselon II tidak mendapatkan THR. "Iya, hari ini dibayarkan, seluruh ASN kecuali eselon II mendapatkan THR," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau Indra SE, Jumat (15/5/2020) di Pekanbaru.

"THR langsung kita transfer ke rekening masing-masing ASN hari ini," imbuhnya.

Indra mengungkapkan, THR yang diterima PNS Pemprov Riau sama dengan jumlah gaji pokok yang diterima setiap bulannya. Namun Indra tidak menjelaskan secara rinci nominalnya dan berapa jumlah PNS Pemprov Riau yang menerima THR tahun ini.

Dia hanya menyebut, total jumlah THR bagi PNS Pemprov Riau tersebut mencapai Rp70 miliar lebih. "Besaran THR nya sama dengan jumlah gaji PNS, kalau total semuanya sekitar Rp70 miliar," ujarnya.

Indra menyebut, sesuai aturan yang dikeluarkan pemerintah pusat, THR hanya diberikan kepada PNS dengan golongan eselon III ke bawah, selain itu tidak mendapatkan THR. "Jadi yang dibayarkan THR nya yang diperbolehkan saja melalui aturan," katanya.

2.943 Pekerja Dirumahkan 
Ironi terjadi ketika 2.943 orang pekerja di berbagai sektor di Riau terpaksa dirumahkan dan tak menikmati THR. Sebab mereka tidak lagi bekerja akibat dampak wabah Covid-19.

"Sampai 7 April kemarin, kita sudah mendapat laporan ada 2.943 pekerja yang dirumahkan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau Jonli, Kamis (9/4/2020).

Pekerja yang dirumahkan akibat dampak dari wabah virus corona tersebut tersebar di sejumlah perusahaan di Riau. Para pekerja tersebut terpaksa di rumahkan karena operasional perusahaan untuk sementara dihentikan.

Karyawan dari perusahaan yang terkena dampak korona tersebut juga ikut terkena imbasnya. "Yang sudah melapor pekerjanya dirumahkan itu ada 72 badan usaha," ujar Jonli.

Sejauh ini, Pemprov Riau sudah mengusulkan 25.796 orang sebagai calon penerima kartu pra kerja di Riau. Rinciannya:
- Bengkalis ada 235 orang
- Inhil 743 orang
- Pelalawan 396 orang
- Pekanbaru 2.597 orang
- Inhu 817 orang
- Kampar 96 orang
- Kuansing 118 orang
- Meranti 102 orang
- Dumai (BLK) 1.330 orang
- Rohul 3.141 orang
- Siak dan Bidang Pengawasan perusahaan 1.824 orang.

Kemudian yang melalui formulir online ada 9.276 orang, dari Hillsi Riau 5.121 orang. "Tahap pertama datanya sudah kita kirim ke pusat tanggal 4 april kemarin sebanyak 25.796 orang. Nanti akan menyusul lagi tahap kedua, tanggal 10 April," kata Jonli.

Diungkapkan, pemerintah pusat memberikan kouta untuk penerima kartu pra sejah kerja di Provinsi Riau sebanyak 92.893 orang. Namun saat ini yang sudah mendaftar dan dilaporkan ke pusat baru sebanyak 25.796 orang.

Artinya, masih ada 67.097 orang lagi yang belum mendaftar. "Mereka nanti akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan, selama empat bulan kedepan, mulai dari bulan april ini," tukasnya. (*)

 
 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus