Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Muncul Asap Bau Menyengat di Pekanbaru, BMKG: Cuaca Riau Hari Ini Cerah Berawan

Kamis, 25 Juli 2019

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Kondisi langit Pekanbaru, Riau, Kamis (25/7/2019) pagi sempat diselimuti asap tipis dan berbau asap kebakaran. Bau tersebut terasa menyengat sejak subuh pagi.

"Ini asap ni, apa sudah mulai lagi kebakaran lahan ya," ujar seorang warga Fatimah, Kamis pagi.

Meskipun bau asap, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyebut, hal itu bukan asap melainkan Haze.

"Bukan (asap karhutla), mungkin kalaupun ada cuma kecil aja, kalau di BMKG malah tidak terpantau, titik hospotnya juga beberapa hari ini juga sudah kurang. Jadi dipastikan yang di Pekanbaru ini bukan kabut asap," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG stasiun Pekanbaru, Marzuki.

Menurut Marzuki, kalaupun ada sedikit kabut di Pekanbaru bukan karena karhutla, melainkan uap air. Karena hari sebelumnya tidak banyak titik panas. "Kalau pun ada kabut di Pekanbaru itu karena masih ada kandungan uap air yang tercampur partikel padat. Jadi bukan asap itu," ulasnya.

Sementara itu, jarak pandang di Pekanbaru sejauh ini masih belum mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim Pekanbaru. Selain Pekanbaru, daerah lain yang visibility menurun terjadi di Inhu hanya 5 kilometer.

"Sama dengan Pekanbaru, Inhu juga kabut yang muncul bukan karena asap akibat karhutla. Kondisi udaranya bagus, hanya sedikit kabur saja dan itu aman," ulas Marzuki.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG Stasiun Pekanbaru, sebagian besar wilayah Riau dalam kondisi cerah berawan. Tidak ada ada potensi hujan terjadi sepanjang hari dari pagi hingga dini hari nanti.

Diperkirakan, cuaca hari ini lebih panas Dari hari sebelumnya karena kondisinya cerah Berawan dan tidak ada potensi hujan turun. Sedangkan suhu udara sendiri masih pada kisaran 23.0 hingga 33.0 °C dengan kelembapan udara pada 57 hingga 97 persen.

Sedangkan arah angin bertiup dari arah tenggara ke barat daya dengan kecepatan 10 sampai 30 km/jam. Untuk info tinggi gelombang untuk perairan di Provinsi Riau pada umumnya berkisar antara 0.2 – 1.0 meter.

Untuk titik panas sendiri jumlahnya hanya terpantau 4 titik di Riau tersebar di Pelalawan 2 titik, Siak 2 titik. Namun di provinsi lainnya di pulau Sumatera terpantau lumayan banyak terutama di provinsi Lampung 10 titik jam 4 titik dan Sumatera Selatan 3 titik. (*)



 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler


    riau riau
     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus