Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Pekanbaru Pagi Ini Kembali Berasap, Jarak Pandang Hanya 1500 Meter

Selasa, 20 Agustus 2019

Asap menyelimuti sejumlah Kota Pekanbaru. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Kabut asap pagi ini kembali menyelimuti wilayah Pekanbaru, Riau. Akibatnya, jarak pandang yang tersisa hanya 1500 meter. Sementara titik panas atau hotspot mengalami peningkatan cukup signifikan dari 61 menjadi 73 titik.

Bau asap menusuk ke hidung mulai kembali terasa pagi tadi. Padahal, sejak beberapa hari terakhir, asap di Pekanbaru dan bahkan hampir seluruh wilayah Riau mulai hilang. Hujan turun dalam beberapa hari terakhir, membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan penyebab asap.

Berdasarkan pantauan satelit yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, terpantau 73 hotspot di Riau. Tititk terbanyak terpantau di Kabupaten Pelalawan sebanyak 23 titik, Inhil 17 titik, Inhu 10, Kampar 8, Rohul dan Bengkalis sama-sama 3 titik, Meranti Kuansing dan Rohil masing-masing 2 titik, Dumai Siak dan Pekanbaru masing-masing 1 titik.

Selain di Riau terpantau titik panas di provinsi lain di Sumatera, seperti Sumsel 34 titik, Sumut 7 titik, Aceh 5 titik, Kepri Bengkulu masing-masing 3 titik, Sumbar dan Babel masing-masing 2 titik serta Lampung 1 titik. Sehingga total semua di Pulau Sumatera ada 175 titik.

Sementara untuk kondisi umum cuaca sendiri di Riau cerah berawan pada paginya berpotensi berkurangnya jarak pandang akibat kekaburan udara. Siang harinya cerah berawan. Selanjutnya, sore hingga malam harinya juga masih cerah berawan berpotensi Hujan dengan intensitas Ringan bersifat lokal di sebagian wilayah Kabupaten Rohil dan Bengkalis.

Suhu udara di Riau pada kisaran 23.0 hingga 33.0 °C dengan kelembapan udara pada 50 hingga 95 persen. Sedangkan angin bertiup dari arah Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Hasnan menyebut, kabut asap tebal yang menyebabkan jarak pandang 1500 meter belum mengganggu penerbangan. "Alhamdulillah sampai saat ini penerbangan berangkat dan datang masih normal. Informasi dari BMKG jarak pandang hingga pukul 08.00 WIB 1.500 meter," ujar Hasnan. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus