Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Penerima Program PKH dan BSP Kemensos Masih Gunakan Data Tahun 2015

Rabu, 20 Mei 2020

Sekretaris Sutrisno (kiri) dan kordinator PKH Inhu Ulum. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Penerima bantuan Program Keluarga Harapan dan Bantuan Sosial Pangan (PKH dan BSP) dari Kementrian Sosial untuk Kabupaten Inhu, Riau masih menggunakan data tahun 2015.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Inhu, Nursisman melalui Sekretaris Sutrisno kepada FokusRiau.Com, kemarin. Menurutnya, data penerima diambil langsung dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan tidak menggunakan data Dinas Sosial.

Dampaknya, tentu saja penerima bantuan tidak sesuai harapan, karena masih ada penerima bansos merupakan oknum ASN dan masyarakat yang sesungguhnya sudah hidup layak. 

"Saat ini, data penerima Bansos sedang dalam verifikasi pemutahiran DTKS melalui musyawarah desa (Musdes). Tentu bila menggunakan data lama tidak tepat sasaran," ujarnya, Siang tadi.

Selanjutnya, mengantisipasi dampak covid 19 disalurkan program bantuan sosial bantuan langsung tunai kepada masyarakat sebesar Rp600.000 untuk pertiga bulan, yakni April, Mei dan Juni untuk 17.513 warga.

Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Inhu, Ulum mengatakan, pemutahiran data saat ini dilaksanakan selain melalui Musdes juga di operator desa calon penerima bansos.

Bantuan PKH biasa dicairkan pertriwulan. Namun akibat covid 19, Dirjen Perlindungan Jaminan Sosial Kemensos melakukan kebijakan penyaluran bantuan perbulan. Sampai April, penerima PKH untuk Inhu sebanyak 9.980 warga. Dimana sampai April, dana yang sudah disalurkan ke keluarga penerima sebesar Rp2,7 miliar. (*)


 
 
Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus