Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Perkara Dua Tersangka Dugaan Korupsi Bapemas Pemdes Inhu Pekan Depan Disidangkan

Rabu, 14 Agustus 2019

Hafizon Ramadhan. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Perkara korupsi di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemas Pemdes) Kabupaten Inhu dengan dua tersangka, Kamis (22/8/2019) mulai disidangkan. 

Hal itu disampaikan Hafizon Ramadhan SH selaku Kuasa Hukum kedua tersangka SB dan BN kepada FokusRiau.Com, Selasa malam di Pematangreba. Menurutnya, pekan depan sidang  perdana dengan agenda membacakan surat dakwaan dari Jaksa akan berlangsung di Pengadilan Tipikor Pekanbaru. "Kita akan mengupayakan keringanan hukuman bagi kedua tersangka," ujarnya. 

Perbuatan kedua tersangka telah mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp1.939.950.000 dalam kegiatan anggaran dana honorium pendamping desa tahun anggaran 2012-2014. Namun kolerasi peran antara masing-masing tersangka akan masih dibuktikan dalam fakta persidangan.

Dugaan perkara korupsi tersebut meibatkan tiga tersangka, yakni SM sebagai Pengguna Anggaran dan Kepala Bapemas Pemdes, kemudian SB sebagai KPA dan BN merupakan PPTK dalam kegiatan anggaran honorium pendamping desa itu. 

"Peran ketiga tersangka akan kita coba jelaskan dalam fakta persidangan. Nanti akan dilihat siapa yang bertanggung jawab dan menyebabkan kerugian negara terkait perkara ini. Karena tersangka SB hanya menjabat sebagai KPA pada kegiatan anggaran honorium pendamping desa tahun 2012-2013, sementara SM dan BN dari awal sejak anggaran 2012-2014," urainya.

"Jadi nanti, anggaran tersebut harus dikejar dalam fakta persidangan dan dibuktikan kemana uang tersebut mengalir dan peran tersangka lainnya bagaimana. Tidak mungkin hanya dua tersangka ini menikmati uang tersebut," katanya. (*)



Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus