Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

PT Pindad Produksi Tank Tercanggih Pertama di Dunia, Negara ASEAN Berebut Membeli

Kamis, 14 Juni 2018

Tank Kaplan MT buatan PT Pindad. (Foto:Intisari-online)

PEKANBARU-Sampai 2016, sejumlah industri pertahanan yang ada di Indonesia masih belum mampu memproduksi tank lapis baja beroda rantai. Maka untuk memenuhi persenjataan tank TNI, pemerintah Indonesia masih harus mengimpor.

Namun memasuki tahun 2017, industri pertahanan PT Pindad ternyata sudah berhasil membuat prototipe tank kelas menengah setelah bekerja sama dengan industri pertahanan Turki (FNSS).

Tank medium yang dinamai Kaplan MT itu mempunyai berat 30-40 ton dengan ukuran panjang bodi 7 meter dan lebar 3,2 meter dan bisa melaju pada kecepatan 70 km per jam sehingga cocok untuk melakukan serangan kilat (blitzkrieg) terhadap posisi musuh.

Selain dilengkapi dengan sejumlah senjata seperti senapan mesin dan  pelontar granat, tank Kaplan MT juga memiliki senjata utama berupa meriam kaliber 105 mm dengan jarak tembak sampai puluhan km.

Dalam pertempuran tank bertugas utama mendobrak pertahanan statis musuh sekaligus mendukung gerak maju pasukan infanteri kawan menggunakan gempuran meriam 105 mm dari jarak jauh.

Sebagai kendaraan tempur lapis baja  yang berada di barisan terdepan, tank Kaplan MT dalam taktik serbuan kilat bisa berjalan ngebut seraya melepaskan tembakan meriam dan senjata lainnya.

Agar tembakan selalu akurat, tank Kaplan MT juga sudah dilengkapi dengan alat pengarah tembakan yang bekerja secara digital yakni Remote Control Weapon System (RCWS). Dengan alat ini, operator senjata dalam tank tidak perlu melongok keluar untuk mencari sasaran tapi cukup melihat layar RCWS yang secara otomatis akan mencari sasaran dan menguncinya.

Jika sudah terkunci, sasaran bisa dihajar menggunakan peluru kaliber 105 mm atau menggunakan senapan mesin. Alat RCWS bahkan bisa mengunci beberapa sasaran sekaligus dan kemudian bisa dihancurkan secara beruntun menggunakan meriam dengan kondisi tank masih bergerak cepat.

Kemampuan tank medium Kaplan MT yang dilengkapi RCWS ternyata tank pertama di dunia, maka tak heran  begitu tank canggih ini diproduksi massal sejumlah negara di Asia Tenggara (ASEAN) telah berebut untuk membelinya.

Yang pasti TNI telah memesan sebanyak 100 unit tank Kaplan MT yang merupakan tank medium paling canggih di dunia ini untuk ditempatkan di sejumlah satuan kavaleri TNI AD. Jika tank-tank Kaplan MT sudah masuk jajaran TNI, tentu peringkat TNI sebagai kekuatan tempur 15 besar dunia bisa dipastikan naik peringkat dan jauh di atas Israel.

Apalagi selain mampu memproduksi tank, PT Pindad juga sudah memproduksi ribuan panser Anoa. (*)  



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Intisari-online


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus