pemerintah daerah kabupaten rokan hulu
Home    

Kementerian LHK Anugerahi Pemkab Rohil Penghargaan ProKlim 2018
Rabu, 17 Oktober 2018 - 19:18:54 WIB

Kementerian LHK Anugerahi Pemkab Rohil Penghargaan ProKlim 2018

ROKAN HILIR-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menerima penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) tahun 2018 dari Pemerintah pusat. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Rabu (24/10/2018) mendatang

Penghargaan dari Kementerian LHK tersebut diberikan setelah menilai Pemkab Rohil berhasil membina dan secara aktif melaksanakan ProKlim utama di Dusun cibaliung, Balai Jaya, Kecamatan Balai Jaya, Rohil.

"Alhamdulilah Rohil dapat penghargaan pembinaan proklim. Inshaallah langsung pak bupati hadir mengambil penghargaan tersebut ke Jakarta, Rabu mendatang," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil Suwandi, Rabu (17/10/2018).

Dikatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Rohil untuk memperbaiki desa-desa yang ada agar bisa menjaga lingkungan. "Kami mengajak masyarakat di desa ini untuk membangun. Sehingga diharapkan bisa diikuti desa-desa lain," ujar Suwandi.

Karena itu, selain masyarakat, perusahaan yang beroperasi di Rohil juga diminta ikut membimbing desa-desa yang ada di sekitar wilayah operasionalnya dalam upaya menuju desa bersahabat dengan lingkungan.

"Jadi keuntungannya banyak. Bagi masyarakat bisa mandiri, disiplin dan juga menjadikan lingkungan yang bagus. Bahkan perusahan juga bisa nyaman, apalagi kita bisa memproduksi tumbuh-tumbuhan organik. Misalnya tumbuhan sayur dan buah-buahan dan kita harapkan perusahaan mendukung program ini," ungkap Suwandi.

Dengan ProKlim yang telah dikembang­kan di berbagai desa di Rohil telah merubah pandangan Rohil yang selama ini dinilai kurang baik terhadap lingkungan. Apalagi pada saat terjadinya kebakaran lahan dan hutan yang menyebabkan asap dan polusi.

Dikatakan, Proklim mendorong dan memfasilitasi tumbuhnya Kampung Iklim melalui pengayaan inovasi program adaptasi maupun mitigasi perubahan iklim yang dilaksanakan secara kolaborasi antara pemerintah dan jajaran masyarakat.

"ProKlim menjadi tindakan nyata untuk menyesuaikan diri terhadap dampak perubahan iklim. Ini menjadi program penting sebagai bentuk komitmen peme­rintah dalam pe­ngem­bangan program Kampung Iklim di Rohil," ujar Suwandi. (*)







Penulis: Joni Saputra
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.rohilkab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR 2016