pemerintah daerah kabupaten siak
Home    

Pelajari Perda Kampung Adat, Legislator Fak Fak Kunjungi DPRD Siak
Kamis, 21 September 2017 - 06:31:59 WIB

Pelajari Perda Kampung Adat, Legislator Fak Fak Kunjungi DPRD Siak

SIAK-DPRD Fak Fak, Provinsi Papua Barat mengunjungi DPRD Siak. Tujuannya untuk mempelajari Perda Kampung Adat yang ada di Siak. Rombongan DPRD Fak Fak disambut Ketua DPRD Siak Indra Gunawan di Gedung Panglima Ghimbam, Kamis (21/9/2017).

Ketua DPRD Siak Indra Gunawan mengapresiasi kunjungan tersebut, sebab bersifat kajian tentang keberadaan Perda Kampung Adat yang dilaksanakan di Siak. "Seiring perkembangan daerah, kehadiran Perda Kampung Adat tentunya tidak bisa dianggap biasa. Karena Perda Kampung Adat memiliki fungsi penting pada suatu daerah. Dengan Perda Kampung Adat, Sumber Daya Alam yang ada tentu akan lebih terjaga terutama dalam menyelamatkan aset daerah dan meningkatkan pendapatan daerah," urainya. 

Sementara itu, Ketua Bapemperda DPRD Fak Fak sebagai pimpinan rombongan Safi Yarkuran mengungkapkan, tujuan kedatangan rombongan ke Siak dalam upaya mencari data untuk bahan perbandingan guna merampungkan Perda Kampung Adat yang diajukan Pemkab Fak Fak sebagai Perda. 

Dikatakan, perbedaan di setiap daerah akan selalu ada. Namun demikian, tentunya ada juga kesamaan antara satu daerah dengan daerah lainnya di Indonesia. Salah satu kesamaan dalam mengemukakan adat seiring dengan agama. "Keberadaan kampung Adat diharapkan bisa mendukung pendapatan daerah dengan mengembangkan tradisi adat istiadat yang nantinya diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan," ujar Safi. 

Safi juga menceritakan silsilah kerajaan di Fak Fak. Sebelum pemekaran ada sembilan kerajaan, namun setelah pemekaran kini hanya tinggal tujuh kerajaan. Sejauh ini, adat istiadat yang berlaku masih kental dan dipatuhi di daerahnya. (adi fadhilahi akbar)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau
DPRD KABUPATEN SIAK © 2017