pemerintah daerah kabupaten siak
Home    

Anggota DPRD Siak Soroti Produksi Beras Kota Istana, Jangan Sekedar Pencitraan!
Sabtu, 25 November 2017 - 23:35:03 WIB

Anggota DPRD Siak Soroti Produksi Beras Kota Istana, Jangan Sekedar Pencitraan!

SIAK-Anggota DPRD Siak meminta produksi beras lokal bermerek Kota Istana yang telah diluncurkan pemkab beberapa waktu lalu tidak hanya sebatas pencitraan semata.

"Jangan sampai beras Kota Istana hanya bungkusnya saja, kenyataan di lapangan tidak ada dipasarkan, masyarakat juga sulit menemukanya di pasar dan pedagang Sembako," ujar Ketua Komisi IV DPRD Siak Ismail Amir, Sabtu (26/11/2017) di Siak .

Pernyataan itu sudah disampaikan melalui forum RAPBD Siak tahun anggaran 2018 bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan pemerintah daerah yang dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan Siak Syahrial, beberapa waktu lalu.

Dia tidak ingin beras Kota Istana yang digembor-gemborkan Dinas Ketahanan Pangan setempat hanya sebagai pencitraan semata, supaya dianggap memiliki produk unggulan. Ismail Amir menuntut kerja nyata Dinas Ketahanan Pangan dalam kelanjutan program produksi beras lokal untuk mensejahterakan petani dengan memasarkan hasil pertanian masyarakat (petani) setempat.

Diharapkan, masyarakat bisa membeli beras dengan harga terjangkau dan jumlah impor beras ke Kabupaten Siak juga bisa berkurang, karena hasil padi petani dapat memenuhi kebutuhan pangan meskipun belum sepenuhnya.

Sebelumnya, Pemkab Siak sudah meluncurkan beras lokal dengan merek beras Kota Istana yang diambil dari julukan wilayah setempat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Siak Syahrial mengatakan, tujuannya untuk meningkatkan kapasitas gabungan kelompok tani (Gapoktan) menjadi Lembaga Ekonomi Pangan yang kuat di pedesaan, sekaligus mendekatkan pangan kepada masyarakat. 

"Pengembangan usaha pangan merupakan kegiatan dari lembaga usaha pangan masyarakat dalam melayani warung harian khususnya untuk setiap wilayah kabupaten Siak dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok," imbuhnya.

Ada produk ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Siak dalam mengupayakan terjaganya stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan. (adi fadhilahi akbar)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau
DPRD KABUPATEN SIAK © 2017