pemerintah daerah kabupaten siak
Home    

Tiga Nama Berikut Berpeluang Menjadi Wabup Siak, Inilah Orangnya...
Selasa, 03 Juli 2018 - 14:53:13 WIB

Tiga Nama Berikut Berpeluang Menjadi Wabup Siak, Inilah Orangnya...

SIAK-Bupati Siak Syamsuar bulan Februari mendatang akan dilantik menjadi Gubernur Riau definitif bersama pasangannya Edy Natar Nasution. Dengan demikian, jabatan bupati akan digantikan Alfedri yang sekarang merupakan Wabup Siak.
 
Menarik dianalisa, siapakah kemudian sosok yang akan mendampingi Alfedri menghabiskan sisa jabatan sampai 2021 mendatang?

Sejumlah nama yang layak mengisi posisi Wabup kini mulai hangat diperbincangkan masyarakat Siak. Sebagai informasi, ketika pasangan Syamsuar-Alfedri maju untuk kedua kalinya di Pilkada Siak tahun 2015 lalu, pasangan tersebut didukung PAN (5 kursi), Hanura (3), PKS (2) dan Nasdem serta PKPI masing masing 1 kursi.

Dari sejumlah informasi yang dirangkum FokusRiau.com, figur yang layak mengisi posisi Wabup Siak nantinya adalah Ketua PKS Riau Hendry Munief, Riki Arwin (Komisaris PT Bumi Siak Pusako) dan Ikhsan (Ketua Harian Tim Relawan Syamsuar-Edi Nasution).

Saat ketiga figur tersebut diwawancarai FokusRiau.com terkait peluangnya menjadi Wabup, tak satu pun yang menolak. Secara tak langsung, ketiganya siap mengemban amanah itu, jika nantinya diberi kepercayaan. "Biizhillah," jawab Hendry saat ditanya kesiapan dirinya bila dipilih menjabat Wabup Siak.

"Kita siap saja," jawab Riki dan Ikhsan di tempat berbeda, waktu ditanya FokusRiau.com.

Kendati demikian, sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri, mekanisme pemilihan Wabup Siak itu berdasarkan kesepakatan tim koalisi yang terdiri dari sejumlah partai politik yang mengusung pasangan Syamsuar-Alfedri di Pilkada Siak tahun 2015.
 
Dua nama ditetapkan tim koalisi selanjutnya akan diserahkan ke DPRD Siak untuk memilih satu nama. Hal serupa juga terjadi saat pemilihan Wagub Riau beberapa waktu lalu, dimana Wan Hasyim Yus dipilih DPRD Riau melalui voting dan mengalahkan Ruspan Aman.

Anggota KPU Siak Sariman mengatakan, KPU tidak memiliki kewenangan untuk mengatur tata cara pemilihan jabatan untuk Wabup Siak. Sebab, hal itu menjadi kewenangan Kementerian Dalam Negeri. 

Dijelaskan, PAN dan PKS merupakan dua partai yang konsisten mendukung Syamsuar di Pilkada. Bahkan, sejak Pilkada tahun 2006, 2011 dan 2015, PKS selalu mengusung Syamsuar. Sementara PAN juga ikut mengusung pasangan Syamsuar-Alfedri di Pilkada Siak tahun 2011 dan 2015. Bahkan, kedua partai ini juga mengusung pasangan Syamsuar-Edi Nasution di Pilgub Riau.

"Kalau jabatan Wabup, tentu tim koalisi saat Pilkada Siak yang lebih berwenang. Sesuai data yang kita miliki, PAN, Hanura, PKS, Nasdem dan PKPI adalah parpol yang mengusung Syamsuar-Alfedri di Pilkada Siak 2015 lalu," ujarnya menjawab FokusRiau.com, Selasa (3/7/2018).

Sementara itu, Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Riau Mansyur Hs mengatakan, partainya sudah sepakat mengususng Hendry Munief untuk jabatan Wabup Siak. Dia berharap, Hendry bisa mengisi kekosongan jabatan Wabup Siak saat Syamsuar menjadi Gubernur Riau.
 
“Kita juga mengusung Pak Syamsuar di Pilkada. Tentu kita menyodorkan kader kita untuk dirapatkan bersama koalisi supaya bisa mengisi jabatan Wabup Siak yang akan segera kosong,” kata Mansyur, Selasa (3/7/2018) di Pekanbaru.

Dikatakan, usulan penempatan kader PKS tersebut memiliki beberapa alasan yang menguatkannya. Selain kemampuannya berpolitik, Munief juga orang Siak dan dipilih sebagai Ketua DPW saat Muswil di Siak. “Kelayakannya sudah tidak diragukan lagi jika menjabat sebagai Wabup Siak,” terangnya. (*)
 
 
 
Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta 






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau
DPRD KABUPATEN SIAK © 2017