pemerintah daerah kabupaten siak
Home    

Sikapi Kelangkaan Elpiji 3 Kg di Siak, DPRD Minta Disdagperin Awasi Distribusi
Selasa, 25 September 2018 - 13:32:01 WIB

Sikapi Kelangkaan Elpiji 3 Kg di Siak, DPRD Minta Disdagperin Awasi Distribusi

SIAK-Sejak beberapa pekan terakhir, masyarakat mengaku kesulitan memperoleh elpiji 3 Kg. Terhadap kondisi itu, anggota Komisi II DPRD Siak Syamsurijal mengaku sangat prihatin. Makanya, Syamsurijal meminta Dinas Perdagangan dan perindustrian (Disdagperin) untuk mengawai pendistribusian elpiji 3 Kg di masyarakat.

“Gas 3 Kg itu bila didistribusikan sesuai peruntukannya, kita yakin pasti cukup dan tidak akan mengalami kelangkaan. Namun kenyataannya, banyak masyarakat ekonomi menengah ke atas juga menggunakan gas elpiji 3 Kg di rumahnya. Inilah faktor utama yang menyebabkan elpiji 3 Kg sering langka di masyarakat,” ujar Syamsurijal, Selasa (25/9/2018).

Politisi Demokrat itu menegaskan, sesuai ketentuan yang telah diatur pemerintah, elpiji 3 Kg diperuntukkan khusus untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang berpenghasilan rata-rata Rp1.500.000 per bulan.

“Pendistribusian gas elpiji 3 Kg memang harus ditertibkan dan bagi masyarakat mampu atau menengah ke atas hendaknya menggunakan elpiji 5,5 Kg. Sehingga elpiji 3 Kg ini bisa dinikmati masyarakat menengah ke bawah,” imbuhnya.

Dikatakan, untuk mengantisipasi dan mencegah permainan di tingkat agen maupun pangkalan, Syamsurijal meminta Disdagperin dan Kepolisian bisa sesering mungkin melakukan razia ataupun Sidak di tempat-tempat yang menjadi pusat penyediaan elpiji.

“Mestinya Disdagperin dan Kepolisian rutin melakukan razia atau Sidak di tempat-tempat agen maupun pangkalan gas elpiji, agar penyaluran gas elpiji 3 Kg ini tidak salah sasaran (peruntukkan, red), kasihan kita melihat masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang sering tidak kebagian gas 3 Kg saat mereka membutuhkan,” tukasnya. (*)







Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau
DPRD KABUPATEN SIAK © 2017